Thursday, January 12, 2012

RPP BAHASA INGGRIS KELAS III SMK


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah                                   : SMK YAPIMDA
Program /Bidang Studi         : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : XII/5-6 
Pertemuan ke                                    : 1 (3X45 menit)
Standar Kompetensi             : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate
Kompetensi Dasar                 : Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja         
                                                  tertentu

Indikator                                :
o      Pertanyaan mengenai informasi umum (general  information) yang terkait  dengan monolog dijawab dengan benar.
o      Pertanyaan mengenai isi monolog dijawab dengan    
                                              benar
o      Monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu   
                                                            ditulis kembali dalam bentuk intisari/summary
                                                            (taking notes).
o      Monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu diungkapkan kembali dengan bebas (free retelling). 

                                
Terintegrasi pada                  :
                                               
Pendidikan
Ya
Tidak
Budaya Karakter Bangsa
ü   

Jiwa Kewirausahaan
ü   

Industri Kreatif
ü   

Multi Media
ü   


I. Tujuan Pembelajaran         : Setelah melalui proses pembelajaran siswa dapat memahami
                                                       berbagai macam monolog yang muncul pada situasi kerja
                                                       tertentu baik secara lisan atau tulisan.


II. Uraian Materi Pokok       : -Short talks (advertisements, notice, announcements, dll)
                  -Short texts (advertisements, notice, announcements, dll)
            -Relevant vocabularies
            -Antonym and synonym
            -Affixes : prefixes and suffixes


III. Metode Pembelajaran/ Model Pembelajaran   :
1.      Listening
2.      Writing
3.      Reading
4.      Speaking








IV.Langkah-Langkah  Pembelajaran:

Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Karakter
a. Kegiatan Awal
  
    Pendahuluan  Doa   (Religius )
         Salam Pembuka,  memeriksa    kehadiran siswa, Perkenalan.  
    - Guru Menyampaikan Standar   Kompetensi , kompetensi dasar dan  tujuan pembelajaran  serta memperkenalkan program semester
     ( elaborasi )

         -



10 menit


5 menit



Religius
Rasa Ingin Tahu
b. Kegiatan Inti
o  Siswa mendengarkan beberapa monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu.
o  Siswa membaca beberapa monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu.
o  Siswa mengidentifikasi jenis monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu.
o  Siswa menulis kembali isi/pesan dari monolog yang sudah didengar/dibaca.
o  Siswa menceritakan kembali secara lisan isi/pesan dari monolog yang sudah didengar/dibaca.
o  Siswa mengidentifikasi antonym dan synonym dari monolog sudah dibaca.
o            Siswa mengidentifikasi prefixes dan affixes dari monolog sudah dibaca

10 menit



15 menit



10 menit



20 menit



25 menit




10 menit



10 menit


   
gemar membaca, mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, demokratis ) 


c. Penutup
Menyimpulkan hasil
10 menit




V. Penugasan Terstruktur
    
No.
Jenis Tugas
Tugas
1
tertulis
Mencari prefix dan suffix dari sebuah text


VI. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

No.
Jenis Tugas
Tugas
1
tertulis
Mencari iklan lowongan online/offline


VII.Alat dan Sumber Belajar
1.      Kamus
2.      Buku paket
3.      Internet
4.      Media masa
5.      Kaset/CD

VIII.Penilaian

No.
Jenis Penilaian
Aspek yang dinilai
1.
Kognitif
Pengusaan materi,kemampuan mengerjakan soal latihan
2.
Psikomotor
Mencari lowongan online
3.
Afektif
Kerajinan, semangat,kemandirian,kerjasama team


IX. Soal-Soal
      Esay Terstruktur
           Add the following words the suitable prefixes or suffixes to form verbs.
1.      Power                                            6. Joy
2.      Courage                                         7. Apology
3.      Beauty                                           8. Large
4.      Dark                                              9. Danger
5.      Length                                           10. Identity



X.   Program Remedial

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN
1





XI. Program  Pengayaan

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN









Soal No
Pertanyaan
Kunci jawaban
Skor
1
Power
Empower
10
2
Courage
Encourage
10
3
Beauty
Beautify
10
4
Dark
Darken
10
5
Length
Lengthen
10
6
Joy
Enjoy
10
7
Apology
Apologize
10
8
Large
Enlarge
10
9
Danger
Endanger
10
10
Identity
Identify
10



100


Mengetahui,                                                                                                    Jakarta, 11 Juli 2011
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran




Lukman Hakim, S. Pd.                                                                                   Miftahul Qowim, S. Ag.                                                                                                                                                                    



































RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah                                   : SMK YAPIMDA
Program /Bidang Studi         : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : XII/5-6 
Pertemuan ke                                    :  1x(3x45 menit)
Standar Kompetensi             : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate
Kompetensi Dasar                 : Memahami percakapan terbatas dengan penutur
Indikator                                :
o   Ungkapan – ungkapan untuk membuat reservasi yang dilakukan oleh penutur asli ditanggapi dengan tepat.
o   Ungkapan – ungkapan untuk mengajukan keluhan yang dilakukan oleh penutur asli ditanggapi dengan tepat.
o   Ungkapan –ungkapan untuk membuat kesepakatan digunakan dengan tepat.
o   Ungkapan – ungkapan untuk memastikan dan membatalkan  kesepakatan dilakukan  dengan tepat.
o   Ungkapan – ungkapan untuk menyatakan keinginan atau situasi yang tidak nyata baik untuk masa depan, masa kini, atau masa lampau digunakan dengan tepat.
o   Ungkapan – ungkapan yang dipakai dalam wawancara  digunakan dengan tepat.
                                 
Terintegrasi pada                  :
                                               
Pendidikan
Ya
Tidak
Budaya Karakter Bangsa
v

Jiwa Kewirausahaan
v

Industri Kreatif
v

,Multi Media
v


I.         Tujuan Pembelajaran : Setelah melalui proses pembelajaran siswa dapat memahami
    dan menggunakan percakapan terbatas dalam beberapa situasi sesuai dengan penutur asli baik secara lisan atau tulisan.

II.      Uraian materi pokok
o   Percakapan di telepon tentang reservasi
o   Reservation forms
o   Future tense
o   Response to complaints
o   Expressions dealing with complaints
o   Expressions dealing with confirmation and cancellation

III. Metode Pembelajaran/ Model Pembelajaran   :
1.      Listening
2.      Writing
3.      Reading
4.      Speaking




IV.Langkah-Langkah  Pembelajaran:

Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Karakter
a. Kegiatan Awal
  
    Pendahuluan  Doa   (Religius )
         Salam Pembuka,  memeriksa    kehadiran siswa, Perkenalan.  
    - Guru Menyampaikan Standar   Kompetensi , kompetensi dasar dan  tujuan pembelajaran  serta memperkenalkan program semester
     ( elaborasi )

        



10 menit


5 menit



Religius
Rasa Ingin Tahu
b. Kegiatan Inti
o  Siswa mendengarkan dialog tentang reservations, complaints, arrangements, confirmations, cancellations, imaginations, and interviews.
o  Siswa membaca beberapa dialog tentang reservations, complaints, arrangements, confirmations, cancellations, imaginations, and interviews.
o  Siswa mengidentifikasi dialog tentang reservations, complaints, arrangements, confirmations, cancellations, imaginations, and interviews.
o  Siswa secara berpasangan mempraktekkan dialog berdasarkan situasi yang diberikan oleh guru.
o  Siswa secara berkelompok menulis dialog berdasarkan situasi yang diberikan oleh guru.
o  Guru menjelaskan materi tentang conditional sentences dan subjunctives.
o  Siswa mengidentifikasi jenis - jenis conditional sentences dan subjunctives.

10 menit








15 menit








15 menit








25 menit





15 menit




15 menit



15 menit


gemar membaca, mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, demokratis, kerjasama team


c. Kegiatan Akhir
Mencari Kesimpulan
10 menit


V. Penugasan Terstruktur
    
No.
Jenis Tugas
Tugas
1
tertulis
Membuat kalimat pengandaian

VI. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

No.
Jenis Tugas
Tugas
1
tertulis
Mencari kalimat pengandaian dari syair-syair lagu

VII.Alat dan Sumber Belajar
1.      Kamus
2.      Buku paket
3.      Internet
4.      Media masa
5.      Kaset/CD

VIII.Penilaian

No.
Jenis Penilaian
Aspek yang dinilai
1.
Kognitif
Penguasaan materi, kemampuan menyelesaikan soal latihan
2.
Psikomotor
Kalimat pengandaian yang didapat dari syair-syair lagu
3.
Afektif
Kerajinan, semangat,kemandirian,kerjasama team

IX. Soal-Soal
      Esay Terstruktur
A.    Make two short dialogues about the following options, then in pair with your friend practice in front of the class.
1.      reservation                                     4. confirmation
2.      complaint                                      5. cancellation
3.      arrangement                                  6. interview

B.     Change the following sentences into present unreal and past unreal conditional clauses.
1.      If she studies hard, she will pass the exam.
2.      If you are smart, you can do the test quickly.
3.      If the boy is thirsty, he may drink some water.
4.      If the students break the rule, the teacher will punish them.
5.      If I win the contest, I will get a lot of prizes.


X.   Program Remedial

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN
1


XI. Program  Pengayaan

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN




Nomor
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
If she studies hard, she will pass the exam.


a.    If she studied hard, she would pass the exam.
b.    if she had studied hard, she would have passed the exam
20
2
If you are smart, you can do the test quickly.

a.    If you were smart, you could do the test quickly.
b.    If you had been smart, you could have done the test quickly
20
3
If the boy is thirsty, he may drink some water.

a.    If the boy were thirsty, he might drink some water.
b.    If the boy had been thirsty, he might have drunk some water.
20
4
If the students break the rule, the teacher will punish them.

a.    If teh students broke the rule, the teacher would  punish them.
b.    If the students had broken the rule, the teacher would ahve punished them.
20
5
If I win the contest, I will get a lot of prizes.

a.    If I won the  contest, I would get a lot of prizes.
b.    If I had won the contest, I would have got a lot of contest.
20



100

Mengetahui,                                                                                                    Jakarta, 11 Juli 2011
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran




Lukman Hakim, S. Pd.                                                                                   Miftahul Qowim, S. Ag.                                                                    




















                                                                                   
RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah                                   : SMK YAPIMDA
Program /Bidang Studi         : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : XII/5-6 
Pertemuan ke                                    :  1x(3x45 menit)
Standar Kompetensi             : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate
Kompetensi Dasar                 : Menyajikan laporan
Indikator                                :
o   Outline laporan ditulis dengan menggunakan kalimat yang singkat dan padat.
o   Laporan disajikan secara lisan dalam bentuk presentasi yang benar.
o   Ungkapan –ungkapan untuk presentasi digunakan dengan tepat.
o   Teknik – teknik mempresentasikan laporan digunakan dengan benar.
                                 

Terintegrasi pada                  :
                                               
Pendidikan
Ya
Tidak
Budaya Karakter Bangsa
v

Jiwa Kewirausahaan
v

Industri Kreatif
v

,Multi Media
v


I. Tujuan Pembelajaran : Setelah melalui proses pembelajaran siswa dapat membuat 
        laporan tertulis dan mempresentasikan secara lisan dengan benar.

II. Uraian Materi Pokok :
o   Presentation skills
-  how to open a speech
-  how to propose ideas
-  how to elaborate ideas
-  how to close a speech
-  how to handle questions
-  how to use body language
-  how to maintain audience’s attention
o   Conjunctions : and, but, or
o   Conjunctions : therefore, however, also
o   Summary statements: in other words, in summary, in a word, in brief, briefly, in general.

III. Metode Pembelajaran : listening, reading, speaking and writing

IV.Langkah-Langkah  Pembelajaran:

Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Karakter
  1. Kegiatan Awal

  
    Pendahuluan  Doa   (Religius )
         Salam Pembuka,  memeriksa    kehadiran siswa, Perkenalan.  
    - Guru Menyampaikan Standar   Kompetensi , kompetensi dasar dan  tujuan pembelajaran  serta memperkenalkan program semester
     ( elaborasi )




10 menit


5 menit



Religius
Rasa Ingin Tahu
b. Kegiatan Inti
o   Siswa membaca beberapa contoh laporan dari berbagai sumber.
o   Guru memberi contoh bagaimana cara mempresentasikan laporan yang sudah jadi secara lisan.
o   Siswa secara berkelompok menulis laporan berdasarkan situasi yang diberikan oleh guru.
o   Setiap kelompok mempresentasikan hasil laporan ynag sudah mereka buat.
o   Guru menjelaskan materi tentang conjunctions dan summary statements.
o   Siswa mengerjakan penugasan tentang materi conjunctions dan summary statements yang sudah dijelaskan oleh guru.

15 menit



15 menit




20 menit




30 menit



15 menir



15 menit
gemar membaca, mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, demokratis, kerjasama team


  1. Kegiatan Akhir
Mencari Kesimpulan
10 menit




V. Penugasan Terstruktur
    
No.
Jenis Tugas
Tugas
1
Tertulis dan lisan
Membuat presentasi dalam bentuk power point kemudian mempresentasikan di depan kelas


VI. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

No.
Jenis Tugas
Tugas
1
tertulis
Mencari contoh laporan off line dan on line


VII.Alat dan Sumber Belajar
1.      Kamus
2.      Buku paket
3.      Internet
4.      Media masa
5.      Kaset/CD

VIII.Penilaian

No.
Jenis Penilaian
Aspek yang dinilai
1.
Kognitif
Penguasaan materi, kemampuan menyelesaikan soal latihan
2.
Psikomotor
Kemampuan presentasi
3.
Afektif
Kerajinan, semangat,kemandirian,kerjasama team

IX. Soal-Soal
      Esay Terstruktur
A.          Make a short speech then present it in front of the class.

B.     Add an appropriate sentence connector. Use therefore, however, or also.
1.      He is sick. He can’t come.
2.      He has a cold. He has a cough.
3.      She is in bed. He can’t get up tomorrow.
4.      The carpenter worked hard. They didn’t finish.
5.      I don’t have a driver’s license. I don’t drive.

X.   Program Remedial

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN
1




XI. Program  Pengayaan

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN





Nomor
Soal
Kunci Jawaban
skor
1
He is sick. He can’t come.
He is sick, therefore he can’t come.
20
2
He has a cold. He has a cough.
He has a cold also a cough.
20
3
She is in bed. He can’t get up tomorrow.

She is in bed, therefore e can’t get up tomorrow.

20
4
The carpenter worked hard. They didn’t finish.

The carpenter worked hard, however they didn’t finish.

20
5
I don’t have a driver’s license. I don’t drive.

I don’t have a driver’s license,therefore I don’t drive.

20



100

Mengetahui,                                                                                                    Jakarta, 11 Juli 2011
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran




Lukman Hakim, S. Pd.                                                                                   Miftahul Qowim, S. Ag.                                                                                                                                                        
RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah                                   : SMK YAPIMDA
Program /Bidang Studi         : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : XII/5-6 
Pertemuan ke                                    :  1x(3x45 menit)
Standar Kompetensi             : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate
Kompetensi Dasar                : Memahami manual penggunaan peralatan
Indikator                                :
o   Pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan isi manual penggunaan alat dijawab dengan benar.
o   Petunjuk penggunaan peralatan (minimal dua manual) diungkapkan kembali dengan kata-kata sendiri secara tepat.

Terintegrasi pada                  :
                                               
Pendidikan
Ya
Tidak
Budaya Karakter Bangsa
v

Jiwa Kewirausahaan
v

Industri Kreatif
v

,Multi Media
v


I. Tujuan Pembelajaran : Setelah melalui proses pembelajaran siswa dapat  mengungkapkan bagaimana cara mengoperasikan peralatan dan langkah-langkah membuat sesuatu.

II. Materi Ajar :
o   Manual: (telephone installation, computer installation, maintenance and repair, etc.)
o   Relevant vocabulary
o   Antonym/Synonym
o   Affixes: prefixes, suffixes

III. Metode Pembelajaran : listening, reading, speaking and writing



IV.Langkah-Langkah  Pembelajaran:

Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Karakter
a. Kegiatan Awal
  
    Pendahuluan  Doa   (Religius )
         Salam Pembuka,  memeriksa    kehadiran siswa, Perkenalan.  
    - Guru Menyampaikan Standar   Kompetensi , kompetensi dasar dan  tujuan pembelajaran  serta memperkenalkan program semester
     ( elaborasi )

     



10 menit


5 menit



Religius
Rasa Ingin Tahu
b. Kegiatan Inti
o   Siswa membaca beberapa contoh manual.
o   Siswa melengkapi langkah – langkah manual yang hilang.
o             Siswa mengurutkan langkah proses pembuatan sesutau yang sudah diacak dengan benar.
o   Guru memberi penugasan kepada siswa untuk mencari contoh manual yang ada di rumah mereka.
o   Siswa menceritakan kembali (retelling) manual.
o   Siswa  mempraktekkan manual dan proses pembuatan sesuatu (acting out).


15 menit



15 menit




20 menit

10 menit




25 menit



30 menit
gemar membaca, mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, demokratis, kerjasama team


c. Kegiatan Akhir
Mencari kesimpulan
10 menit



V. Penugasan Terstruktur
    
No.
Jenis Tugas
Tugas
1
speaking
Siswa  mempraktekkan manual dan proses pembuatan sesuatu (acting out).



VI. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

No.
Jenis Tugas
Tugas
1
eksplorasi
 mencari contoh manual yang ada di rumah mereka.


VII.Alat dan Sumber Belajar
1.      Kamus
2.      Buku paket
3.      Internet
4.      Media masa
5.      Kaset/CD

VIII.Penilaian

No.
Jenis Penilaian
Aspek yang dinilai
1.
Kognitif
Penguasaan materi, kemampuan menyelesaikan soal latihan
2.
Psikomotor
mempraktekkan manual dan proses pembuatan sesuatu (acting out).

3.
Afektif
Kerajinan, semangat,kemandirian,kerjasama team


IX. Soal-Soal
      Esay Terstruktur
          A.Write an instruction of making or operating things, and then read or perform it in  front of the class.

B.  Rearrange the following jumble instruction.
1.      Put sugar as needed.
2.      Take the tea bag out of the cup.
3.      Put a piece of tea bag into the cup.
4.      Pour hot water into the cup.
5.      Stir well until the sugar dissolved.



X.   Program Remedial

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN
1





XI. Program  Pengayaan

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN





Nomor
Soal
Kunci Jawaban
skor
1
Put sugar as needed
3rd
20
2
Take the tea bag out of the cup.

5th
20
3
 Put a piece of tea bag into the cup.

1st

20
4
Pour hot water into the cup.

2nd

20
5
Stir well until the sugar dissolved.

4th

20



100



Mengetahui,                                                                                                    Jakarta, 11 Juli 2011
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran




Lukman Hakim, S. Pd.                                                                                   Miftahul Qowim, S. Ag.                                                        



                                                                                               
RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah                                   : SMK YAPIMDA
Program /Bidang Studi         : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : XII/5-6 
Pertemuan ke                                    :  1x(3x45 menit)
Standar Kompetensi             : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate
Kompetensi Dasar                : Memahami surat-surat bisnis sederhana
Indikator                                :
o   Pertanyaan yang terkait dengan isi surat-surat bisnis dijawab dengan benar.
o   Isi surat bisnis diceritakan kembali dengan benar.
                                 
Terintegrasi pada                  :
                                               
Pendidikan
Ya
Tidak
Budaya Karakter Bangsa
v

Jiwa Kewirausahaan
v

Industri Kreatif
v

,Multi Media
v


I.     Tujuan Pembelajaran : Setelah melalui proses pembelajaran siswa dapat memahami dan membuat surat – surat bisnis sederhana.

II. Uraian Materi Pokok
o   Business documents: letters, faxes, memos, advertisements, brochures, forms, questionnaires, etc.
o   Relevant vocabulary
o   Antonym/Synonym
o   Review on conditionals

III. Metode Pembelajaran : listening, reading, speaking and writing



IV.Langkah-Langkah  Pembelajaran:

Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Karakter
a.    Kegiatan Awal

  
    Pendahuluan  Doa   (Religius )
         Salam Pembuka,  memeriksa    kehadiran siswa, Perkenalan.  
    - Guru Menyampaikan Standar   Kompetensi , kompetensi dasar dan  tujuan pembelajaran  serta memperkenalkan program semester
     ( elaborasi )




10 menit


5 menit



Religius
Rasa Ingin Tahu
b.                    Kegiatan Inti
o Siswa membaca contoh – contoh surat bisnis.
o Siswa mencaritahu isi dari surat bisnis yang ada.
o Siswa mencari kesimpulan dari surat bisnis yang ada.
o Guru menugaskan siswa untuk mencari surat bisnis dari suatu instansi.
o             Siswa menulis kembali surat bisnis yang sudah mereka dapatkan.
o Siswa menceritakan kembali isi surat bisnis secara lisan dengan benar.


15 menit

20 menit


15 menit


5 menit



25 menit



30 menit
gemar membaca, mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, demokratis, kerjasama team


c.               Kegiatan Akhir
Mencari Kesimpulan
10 menit


V. Penugasan Terstruktur
    
No.
Jenis Tugas
Tugas
1
menulis
Membuat surat bisnis sederhana


VI. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

No.
Jenis Tugas
Tugas
1
eksplorasi
mencari surat bisnis dari suatu instansi.


VII.Alat dan Sumber Belajar
1.      Kamus
2.      Buku paket
3.      Internet
4.      Media masa
5.      Kaset/CD

VIII.Penilaian

No.
Jenis Penilaian
Aspek yang dinilai
1.
Kognitif
Penguasaan materi, kemampuan menyelesaikan soal latihan
2.
Psikomotor
menceritakan kembali isi surat bisnis secara lisan dengan
3.
Afektif
Kerajinan, semangat,kemandirian,kerjasama team


IX. Soal-Soal
      Esay Terstruktur
     
A.    Make business documents :
Ø  fax
Ø  memo
Ø  advertisement
Ø  brochure
Ø  form

         B. Find some English letters from an institution or company and then tell the content of the letters in English.

        


X.   Program Remedial

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN
1





XI. Program  Pengayaan

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN







Mengetahui,                                                                                                    Jakarta, 11 JULI 2011
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran




Lukman Hakim, S. Pd.                                                                                   Miftahul Qowim, S. Ag.                                                                    























                                                                                   
RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah                                   : SMK YAPIMDA
Program /Bidang Studi         : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : XII/5-6 
Pertemuan ke                                    :  1x(3x45 menit)
Standar Kompetensi             : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate
Kompetensi Dasar                 : Memahami dokumen – dokumen teknis.
Indikator                                 :
o   Pertanyaan yang terkait dengan isi Standard  Operating Procedure (SOP) dijawab dengan benar.
o   Standard  Operating Procedure (SOP) di tempat kerja diceritakan kembali dengan kata – kata sendiri dengan benar.                         
Terintegrasi pada                  :
                                               
Pendidikan
Ya
Tidak
Budaya Karakter Bangsa
v

Jiwa Kewirausahaan
v

Industri Kreatif
v

,Multi Media
v


I. Tujuan Pembelajaran : Setelah melalui proses pembelajaran siswa dapat memahami dokumen  - dokumen bisnis dan teknis.
II. Uraian Materi Pokok :
o   SOP  di tempat kerja (receptionist, waiter, etc.)
o   Relevant vocabulary
o   Antonym/Synonym
o   Causative have and get
o   Clauses

III. Metode Pembelajaran : listening, reading, speaking and writing


IV.Langkah-Langkah  Pembelajaran:

Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Karakter
a.       Kegiatan Awal

  
    Pendahuluan  Doa   (Religius )
         Salam Pembuka,  memeriksa    kehadiran siswa, Perkenalan.  
    - Guru Menyampaikan Standar   Kompetensi , kompetensi dasar dan  tujuan pembelajaran  serta memperkenalkan program semester
     ( elaborasi )




10 menit


5 menit



Religius
Rasa Ingin Tahu
b.      Kegiatan inti
o  Siswa membaca contoh SOP.
o  Siswa melengkapi format SOP yang masih kosong dengan benar.
o  Siswa menjawab pertanyaan tentang isi SOP dengan benar.
o  Siswa ditugaskan mencari porto folio SOP dari dunia kerja.
o  Siswa menceritakan kembali SOP yang sudah mereka peroleh secara lisan dengan benar.
o  Guru menjelaskan materi tentang causative have dan get.


15 menit

20 menit


20 menit


5 menit



25 menit



25 menit
gemar membaca, mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, demokratis, kerjasama team


c.       Kegiatan Akhir
Mencari Kesimpulan
10 menit





V. Penugasan Terstruktur
    
No.
Jenis Tugas
Tugas
1
menulis
melengkapi format SOP yang masih kosong dengan benar.



VI. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

No.
Jenis Tugas
Tugas
1
eksplorasi
mencari porto folio SOP dari dunia kerja.



VII.Alat dan Sumber Belajar
1.      Kamus
2.      Buku paket
3.      Internet
4.      Media masa
5.      Kaset/CD

VIII.Penilaian

No.
Jenis Penilaian
Aspek yang dinilai
1.
Kognitif
Penguasaan materi, kemampuan menyelesaikan soal latihan
2.
Psikomotor
mencari porto folio SOP dari dunia kerja.

3.
Afektif
Kerajinan, semangat,kemandirian,kerjasama team




IX. Soal-Soal
      Esay Terstruktur
A.    Fill out a blank SOP with correct answer.

B.     Find SOP portfolio from a company and then tell the contents orally.

C.     Choose the best answer from the questions below.

1. I have often have my shoes (shine/shined/to shine)
2. The teacher had all the students (finish/finished/to finish) the paper.
3. Father will have brother (do/does/to do) the dishes.
4. The boss is having his driver (wash/to wash/ washed) the car
5. The man will get his shoes (repair/repaired/to repair)
6. The lady got his servant (paint/painted/to paint) the fence yesterday.
7. The coach gets his team (win/won/to win) the final match.
8. The girls are getting their nails (manicure/manicured/to manicure).
9. You had made me (wait/waited/to wait) for ages.
10.  I will make my brother (post/posted/to post) this letter.


X.   Program Remedial

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN
1




XI. Program  Pengayaan

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN





Soal No
Pertanyaan
Kunci jawaban
Skor
1
I often have my shoes (shine/shined/to shine)
shined
10
2
The teacher had all the students (finish/finished/to finish) the paper.
finish
10
3
Father will have brother (do/does/to do) the dishes.
do
10
4
The boss is having his driver (wash/to wash/ washed) the car
wash
10
5
The man will get his shoes (repair/repaired/to repair)
repaired
10
6
The lady got his servant (paint/painted/to paint) the fence yesterday.
to paint
10
7
The coach gets his team (win/won/to win) the final match.
to win
10
8
The girls are getting their nails (manicure/manicured/to manicure).
manicured
10
9
You had made me (wait/waited/to wait) for ages.
wait
10
10
I will make my brother (post/posted/to post) this letter.
post
10



100


Mengetahui,                                                                                                    Jakarta, 11 Juli 2011
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran




Lukman Hakim, S. Pd.                                                                                   Miftahul Qowim, S. Ag.                                                        
                                                                                               
RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah                                   : SMK YAPIMDA
Program /Bidang Studi         : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : XII/5-6 
Pertemuan ke                                    :  1x(3x45 menit)
Standar Kompetensi             : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate
Kompetensi Dasar                : Menulis surat bisnis dan laporan sederhana
Indikator                                :
o   Surat – surat bisnis (tawaran, pesanan, inquiry, dll) dibuat secara sederhana.
o   Surat – surat bisnis (tawaran, pesanan, inquiry, dll) dibuat secara tertulis dengan sederhana.
o   Iklan lowongan pekerjaan direspon dengan membuat surat lamaran kerja dengan benar.
o   Laporan prakerin disajikan dalam bentuk laporan tertulis.
                                 

Terintegrasi pada                  :
                                               
Pendidikan
Ya
Tidak
Budaya Karakter Bangsa
v

Jiwa Kewirausahaan
v

Industri Kreatif
v

,Multi Media
v


I. Tujuan Pembelajaran : Setelah melalui proses pembelajaran siswa dapat memahami dokumen  - dokumen bisnis dan teknis.
II. Materi Ajar :
o   Samples of business letters
o   Parts of a letter
-   The letter head
-   The date
-   The inside address
-   Opening salutation
-   The body
-   Closing salutation
-   Signature
o   Samples of advertisement on job vacancy
o   Samples of application letters

III. Metode Pembelajaran : listening, reading, speaking and writing


IV.Langkah-Langkah  Pembelajaran:

Kegiatan
Proses Pembelajaran
Alokasi Waktu
Nilai Karakter
a.    Kegiatan Awal

  
    Pendahuluan  Doa   (Religius )
         Salam Pembuka,  memeriksa    kehadiran siswa, Perkenalan.  
    - Guru Menyampaikan Standar   Kompetensi , kompetensi dasar dan  tujuan pembelajaran  serta memperkenalkan program semester
     ( elaborasi )




10 menit


5 menit



Religius
Rasa Ingin Tahu
b.                  Kegiatan Inti
o Siswa membaca contoh – contoh surat bisnis (tawaran, pesanan, inquiry, dll).
o Siswa kemudian membuat surat bisnis (tawaran, pesanan, inquiry, dll) berdasarkan contoh yang sudah diberikan dengan benar.
o Siswa membaca contoh surat balasan (tawaran, pesanan, inquiry, dll)
o Siswa kemudian membuat surat balasan (tawaran, pesanan, inquiry, dll) berdasarkan contoh yang sudah diberikan dengan benar.
o Siswa membuat surat lamaran kerja berdasarkan iklan lowongan kerja yang ada di surat kabar.
o Siswa secara berkelompok menulis laporan prakerin.
o Setiap kelompok mempresentasikan hasil laporan ynag sudah mereka buat.

10 menit



20 menit





10 menit



20 menit





20 menit




25 menit




25 menit
gemar membaca, mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, demokratis, kerjasama team


c.                kegiatan Akhir





V. Penugasan Terstruktur
    
No.
Jenis Tugas
Tugas
1
Menulis
membuat surat lamaran kerja berdasarkan iklan lowongan kerja yang ada di surat kabar


VI. Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

No.
Jenis Tugas
Tugas
1
eksplorasi
Mencari iklan lowongan kerja di surat kabar


VII.Alat dan Sumber Belajar
1.      Kamus
2.      Buku paket
3.      Internet
4.      Media masa
5.      Kaset/CD

VIII.Penilaian

No.
Jenis Penilaian
Aspek yang dinilai
1.
Kognitif

2.
Psikomotor

3.
Afektif



IX. Soal-Soal
      Esay Terstruktur
      
A.    Make a good business letter with these options :
Ø  Offering letter
Ø  Inquiry letter
Ø  Order letter
Ø  Payment letter
Ø  Adjustment letter

         B. Write a replying letter from the given letter.

         C. Find a vacancy advertisement from newspaper/magazine then make an  application letter to respond it.


X.   Program Remedial

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN
1





XI. Program  Pengayaan

No.
Jenis Tugas
KEGIATAN








Mengetahui,                                                                                                             Jakarta,
Kepala Sekolah                                                                                           Guru Mata Pelajaran




Lukman Hakim, S. Pd.                                                                                Miftahul Qowim, S. Ag.                                                                                                                                                      

No comments:

Post a Comment

Post a Comment